Nih Bedanya Kredit Sepeda Motor Syariah dan Konvensional

Keunggulan dari Kredit Sepeda Motor Syariah melalui leasing syariah atau bank syariah adalah leasing syariah atau bank syariah memiliki keuntungan tidak terkena aturan perundangan yang dikeluarkan Bank Indonesia. Yakni untuk kendaraan bermotor minimal uang muka sebesar 20-25 persen.

Berikut perbedaan, keuntungannya dan kelemahan Kredit Sepeda Motor Syariah melalui leasing syariah atau bank syariah dengan leasing konvensional?

Perbedaan antara kredit motor di leasing konvensional dan syariah terutama terletak pada akadnya. Sebagai contoh pada kredit syariah motor baru dari BPRS AlSalaam menggunakan Akad Murabahah. Maksud akad Murabahah adalah keuntungan atau margin ditetapkan diawal. Jadi antara penjual dan pembeli mendapatkan kesepakatan. Misalnya, motor Honda Beat yang dijual Rp 12,5 juta on the road. Karena pembayaran motor tersebut dianggsur/ cicil tiap bulan misalnya selama 35 bulan maka leasing syariah berhak menetapkan keuntungan, katakan Rp 2,5 juta lalu antara pembeli dan penjual setuju, maka akad kredit bisa dilakukan. Marjin atau keuntungan ini kalau dikonvensional dinamakan bunga.

Keuntungan antara Kredit Sepeda Motor Syariah melalui leasing syariah atau bank syariah dengan konvensional adalah Jika pada kredit konvensional dikenakan bunga harian begitu telat membayar dari waktunya alias jatuh tempo dan denda tersebut diakui sebagai pendapatan maka di kredit syariah denda tersebut tidak diakui sebagai pendapatan namun dialihkan untuk membiayai kegiatan sosial.

Kelemahan Yang patut dipertimbangkan dari kredit Syariah daripada konventional adalah ketika terjadi pelunasan sebelum jatuh tempo. Jika melakukan pelunasan, misalnya, masa pembayaran 35 bulan, di bulan ke-12 sudah mau dilunasi. Maka, konsumen wajib melunasi semua biaya pokok termasuk margin yang sudah ditetapkan. Namun tidak menutup kemungkinan adanya diskon atau muqasah atas pertimbangan bank. Mengapa demikian agar antara nasabah dan bank bisa sama-sama saling menguntungkan. Nasabah diuntungkan dengan angsuran yang tetap sama setiap bulannya, tidak dipengaruhi pergerakan ekonomi sedangkan bagi bank syariah diuntungkan oleh pastinya pendapatan yang telah ditentukan diawal.

Dengan berlakunya aturan kenaikan dp uang muka kredit 20-25 persen maka penjualan motor saat ini diprediksi mengandalkan Kredit motor melalui kredit motor syariah. Jika dihitung, kredit motor syariah menawarkan DP lebih rendah dari 20 persen. Secara global penjualan motor pun agak terbantu dan tidak mengalami penurunan signifikan di tahun ini.

Di Industri motor 30 persen saja yang cash. 70 persen kredit dan setengah dari 70 persen itu DP kreditnya di bawah 10 persen sehingga secara hitungan dengan adanya kebijakan ini diharapkan kredit motor melalui leasing atau bank syariah akan mengalami lonjakan dibandingkan konventional.

Berikut Simulasi atau Tabel Angsuran atau Pricelist Pembiayaan Motor melalui Kredit Motor Syariah dari BPRS AlSalaam :
Kredit Motor Syariah Honda
Kredit Motor Syariah Yamaha
Kredit Motor Syariah Kawasaki
Kredit Motor Syariah Suzuki

Persyaratan untuk kredit motor syariah, relatif sama dengan konventional, antara lain adalah :
1. Fotokopi KTP pemohon suami istri yang masih berlaku 2 lembar (Bila belum nikah maka KTP sendiri dan Orangtua)
2. Fotokopi Kartu Keluarga / Surat Nikah (bila sudah nikah)
3. Fotokopi SPPT PBB atau lainnya (bila masih ikut orang tua pakai PBB orang tua)
4. Fotokopi rekening listrik / rekening telepon (bulan terakhir, bila masih ikut orang tua, rek listrik/ telp milik orang tua)
5. Nasabah memiliki sumber penghasilan yang layak (batas maksimal nilai cicilan 30% dari gaji)
6. Slip Gaji (untuk karyawan)
7. Data Usaha (untuk pengusaha/ wirausaha) rekening transaksi tabungan selama 3 bulan bagi Anda yang pengusaha atau rekap kegiatan usaha
8. Mengisi formulir permohonan pembiayaan motor syariah dan dokumen lainnya

Prosedur Umum Kredit Motor Syariah melalui BPRS AlSalaam :
1. Setelah persyaratan di atas lengkap, tim surveyor akan datang ke tempat anda untuk memperlihatkan tentang simulasi kredit motor syariah kepada anda
2. Bila permohonan kredit motor syariah disetujui, maka pihak bank akan hubungi untuk pembayaran DP + Biaya Administrasi
3. Setelah dana terbayarkan, bank akan menerbitkan PO (Purchase Order) ke dealer motor rekanan agar unit motor yang diminati segera dikirim kerumah anda.

Pencarian dari Google:

Silahkan di Share Agar Yang Membutuhkan dapat Terbantu :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *