BPRS Al Salaam (dahulu BPR Al Salaam) Berdiri Sejak th 1992

Pada UU no. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, Bank Syariah adalah Bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah. Menurut jenisnya Bank Syariah terdiri atas Bank Umum Syariah (BUS) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Perbankan syariah itu sendiri adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah atau hukum Islam. Usaha pembentukan sistem ini adalah dilandasi oleh adanya larangan dalam Islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan RIBA serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan HARAM, yang mana hal ini tidak dijamin oleh sistem perbankan konvensional.

Ketika AlSalaam berdiri pada tahun 1992, perbankan syariah belum mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah. Alhamdulilah krisis moneter tahun 1997/1998 menjadi titik balik peningkatan dan kepercayaan perbankan syariah sehingga dengan persiapan yang matang pada tahun 2005 AlSalaam hijrah dari perbankan konventional ke perbankan syariah, dengan demikian terjadi perubahan merk dagang yang awalnya BPR (Bank Perkreditan Rakyat) menjadi BPRS.

Proses Hijrah pun membawa perubahan terhadap produk penghimpunan dana (Tabungan dan Deposito) dan penyaluran dana (Kredit/ Pembiayaan). Tabungan dan Deposito Berjangka yang semula bunga atau bagi hasil ditetapkan di awal kini harus berubah penetapan berdasarkan nisbah, dengan demikian besaran bunga/ bagi hasil tidak dapat diperjanjikan di awal karena berkenaan dengan performa kegiatan bank.

Perubahan pada penyaluran kredit atau pembiayaan tidak serumit penghimpunan dana. Kredit kendaraan bermotor adalah produk pertama yang digulirkan sesuai dengan Syariat Islam. Barang, harga, akad, pelaku sangat jelas dipaparkan. Untuk kemajuan proses diluncurkan motor online alsalaam berbasis website. Berhasilnya kredit motor di bank syariah AlSalaam, tidak heran yang lain mengikuti.

Berhasil di kredit sepeda motor syariah dikembangkan pula pembiayaan kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Kredit kendaraan bermotor syariah menjadi alternatife selain konventional.

Untuk kepemilikan tempat tinggal yaitu kredit rumah kpr belum menjadi produk utama karena biasanya jika kredit kepemilikan rumah asumsi jangka waktu pasti menginginkan panjang 15-20 tahun sedangkan saat ini maksimal jangka waktu pinjaman adalah 5 tahun. Sehingga jika minat dengan jangka waktu yang pendek maksimal 5 tahun dengan senang hati kami siap proses.

Kredit pembiayaan syariah membuat nyaman pelaku usaha karena tidak fluktuatifnya angsuran tiap bulan.

Kini daftar bank perkreditan rakyat yang hijrah menjadi bank pembiayaan rakyat syariah setiap tahun meningkat. Agar terus dapat bertahan maka jaringan kantor pun diperluas hingga Bandung selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Jika membutuhkan info bank syariah AlSalaam lebih lanjut, silahkan hubungi saya dengan ISMAIL yang dapat di telp/sms/wa/line di 085921295717.

Insyaallah dengan hadirnya produk pembiayaan syariah dari produk bpr syariah alsalaam,  sistem pembiayaan syariah yang saling menguntungkan dapat terwujud. Amin

Pencarian dari Google:

Silahkan di Share Agar Yang Membutuhkan dapat Terbantu :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *