Tabungan Rencana Umroh atau Pembiayaan Syariah Umroh BPRS AlSalaam Tanpa Agunan

Tabungan Rencana Umroh atau Pembiayaan Syariah Umroh BPRS AlSalaam Tanpa Jaminan atau Agunan

tabungan rencana akad wadiah titipan pembiayaan syariah umrah ijarah multijasa

Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah…….(QS Al-Baqarah ; 196)

Sesungguhnya Safa dan Marwah  merupakan sebagian syiar (agama) Allah. Maka barang siapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan Sa’I antara keduanya. Dan barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan , maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui. (QS Al-Baqarah 158)

Disana terdapat tanda-tanda yang jelas, (diantaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam. (QS Ali ‘Imran ; 97)

Bagimana rekan-rekan sekalian setelah membaca beberapa kutipan ayat Al Quran berkenaan dengan ibadah ke Baitulloh?? Apakah sudah merasakan getaran atau panggilan ingin segera mengunjunginya?? Jika jawabannya merasakan maka Alhamdulillah. Oleh karenanya kami dengan sepenuh hati akan berusaha membantu mewujudkan ke-RINDU-an Umroh ke Baitulloh dapat segera terlaksana.

Terdapat 2 cara agar kerinduan Umroh ke Baitulloh dapat terwujud, yaitu cara pertama adalah menabung dengan pilihan Akad Tabungan Titipan (Wadiah) atau Tabungan dengan Akad Berbagi Hasil (Mudharabah) sedangkan cara kedua adalah Umroh Dahulu Bayar Kemudian atau berhutang atau Pembiayaan Syariah atau dengan Akad Ijarah Multijasa.

Perbedaan cara pertama dan kedua terletak pada kecepatan keberangkatan Umroh ke Baitulloh.

Untuk dengan cara Tabungan Syariah, calon jamaah dapat berangkat Umroh ke Baitulloh jika saldo tabungan sudah terkumpul sesuai biaya paket Umroh sedangkan cara Pembiayaan Syariah, calon jamaah dapat segera berangkat setelah membayar Dp Minimal 10% (sebagai peringan hutang pokok) + administrasi bank lalu mengangsur setelah kepulangan perjalanan Umroh ke Baitulloh dengan pilihan jangka waktu 1 tahun/ 2 tahun / 3 tahun.

Untuk tulisan ini, kami akan mengulas cara keberangkatan pilihan yg kedua yaitu Pembiayaan Syariah Umroh. Bantuan yang kami berikan akan berasa manfaatnya bagi calon jamaah yang belum mampu melunasi biaya paket Umroh namun mampu jika biaya paket Umroh tersebut dapat diangsur ketika pulang menjalankan Umroh. Cukup mempersiapkan modal awal Dp Minimal 10% dari Paket Umroh + Administrasi Bank Syariah kisaran Rp 750 Rb atau Rp 950 Rb sesuai harga paket umroh yang BPRS Al Salaam biayai. Sebagai contoh jika estimasi harga paket Umroh Rp 25 Jt maka modal awal yg disiapkan adalah Rp 3.3 Jt (Dp Murni 2.5 Jt + Adm 750 Rb). In Syaa Allah terjangkau kan. Aamiin yra.

Apakah yang dimaksud dengan Produk Pembiayaan Syariah Umroh Al Salaam?

Produk “Pembiayaan Syariah Umroh Al Salaam” adalah Produk Pembiayaan Paket Perjalanan Umroh dari BPR Syariah Al Salaam untuk membantu mewujudkan rencana ibadah umroh ke Baitulloh dengan menggunakan prinsip-prinsip sesuai syariah yang menggunakan Akad Ijarah Multijasa Tanpa Jaminan atau Agunan.

Jaminan berupa kepastian tempat tinggal milik sendiri atau keluarga, informasi karakter kewajiban di bank lain (BI Cheaking) dan kemampuan nasabah dalam membayar angsuran setiap bulannya yang dibuktikan dengan slip gaji 3 bulan terakhir untuk Karyawan Swasta atau Pegawai Negeri Sipil serta Laporan Keuangan atau Omset untuk Wirausaha atau Wiraswasta. Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janji…….(QS Al-Ma’idah ; 1).

Calon jamaah bebas menentukan sendiri biro perjalanan umrohnya atau melalui biro travel yang sudah bekerjasama dengan BPRS AlSalaam.

FAQ  :

# Siapa saja yang dapat menjadi pemohon pembiayaan?

Boleh siapa saja dengan beberapa persyaratan diantaranya

  • Hasil Ideb / SID/ BI Cheaking lancar tidak ada tunggakan
  • Memiliki penghasilan tetap yg dapat dibuktikan
  • Memiliki tepat tinggal tetap atas nama sendiri atau keluarga

# Apakah boleh yg berangkat Umroh bukan si pemohon pembiayaan?

Boleh, jika masih keluarga inti yaitu

  • Pasangannya
  • Anak
  • Orangtua atau Mertua

Jika selain ketiga point diatas maka tidak bisa dibiayai tanpa jaminan namun tetap bisa diberangkatkan jika melampirkan jaminan

# Apakah biaya perjalanan Ibadah Umrah boleh dilakukan dengan cara berhutang dan pembayarannya dengan cara diangsur setelah ibadah umrah tersebut dilaksanakan ?

  • Boleh, dengan syarat sumber hutangnya adalah halal dan nasabah berkeinginan atau mampu melunasinya pada waktu yang  ditentukan. Pada prinsipnya hukum setiap muamalah itu dibolehkan kecuali ada dalil yang melarangnya (kaidah fiqih).
  • Dikuatkan dari rujukan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI), yaitu
    • Fatwa No.9 Tahun 2000 tentang Pembiayaan Ijarah
    • Fatwa No.44 Tahun 2004 tentang Pembiayaan Multijasa
    • Fatwa No.83 Tahun 2012 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Jasa Perjalanan Umrah
    • Fatwa No.112 Tahun 2017 tentang Akad Ijarah

# Apa keuntungan mengajukan Pembiayaan Syariah Umroh Al Salaam jika dibandingkan dengan program pembiayaan lain atau umroh langsung melalui travel umrah?

  1. Halal terhindar dari Riba karena bertransaksi di Bank Syariah atau Lembaga Keuangan Syariah
  2. Segera berangkat ibadah umroh tanpa harus menunggu uang terkumpul untuk pelunasan paket umroh
  3. Dapat berangkat Umrah bersama keluarga
  4. Skema pembayaran biaya umroh dengan angsuran atau mencicil sehingga lebih terjangkau
  5. Meggunakan Akad Ijarah Multijasa yang sesuai prinsip syariah dan Tanpa Jaminan atau Agunan
  6. Proses Cepat dan Mudah

# Jika dikemudian hari nasabah mengalami keterlambatan pembayaran angsuran, apakah nasabah tetap dikenakan sanksi keterlambatan?

  • In syaa allah sebelum calon nasabah disetujui pengajuan Pembiayaan Syariah Umroh Al Salaam oleh BPRS AlSalaam akan menganalisa apakah layak calon nasabah tsb dibiayai. Namun jika tetap terjadi keterlambatan pembayaran angsuran, sanksi keterlambatan angsuran tetap diberlakukan tapi tidak masuk menjadi pendapatan Bank Syariah namun digunakan sebagai dana sosial untuk kemaslahatan masyarakat sesuai dengan fatwa DSN MUI No.17 Tahun 2000 tentang “SANKSI ATAS NASABAH MAMPU YANG MENUNDA-NUNDA PEMBAYARAN”. Jadi yg akan dibiayai oleh BPRS Al Salaam adalah nasabah yg mampu bukan yg dipaksakan mampu.

# Apakah Pembiayaan Syariah Umrah Al Salaam dapat dilakukan pelunasan dipercepat?

  • Ya bisa, Pembiayaan Syariah Umrah Al Salaam dapat dilakukan pelunasan dipercepat tanpa biaya pinalti dalam pelunasannya.

# Jangka waktu angsuran atau cicilan adalah tetap hingga jatuh tempo dengan minimal tenor 12 bulan dan maksimal 36 bulan dengan 1 orang pemohon Pembiayaan Syariah Umrah Al Salaam dapat membiayai maksimal 2 paket umrah atau maksimal total harga paket Rp 50 Jt.

# Berapa biaya awal (DP Paket) yang harus dikeluarkan untuk berangkat Umroh?

  • Biaya yang dikeluarkan oleh setiap calon jamaah umroh adalah Rp 3 Jt-an/ paket yg disetorkan ke BPRS Al Salaam dengan rincian :
    • Administrasi Bank Syariah (750 rb atau 950 rb tergantung harga paket umrah)
    • Dp Murni 10% dari harga paket (asumsi harga paket umroh Rp 25 Jt)

Dp Paket belum termasuk biaya Travel Umroh seperti Handling Airport dan perlengkapan

# Pembiayaan Syariah Umroh Al Salaam Sesuai Syariah?

  1. Calon nasabah mengajukan Pembiayaan Syariah Umroh Al Salaam ke BPRS Al Salaam (Bank Syariah AlSalaam)
  2. Bank Syariah AlSalaam akan menanggung dan mengurus pembayaran Paket Umrah kepada Travel Umroh sebesar biaya Umrah yang telah ditentukan oleh Travel Umroh
  3. Nasabah menerima manfaat atas jasa dari Travel Umroh selaku penyedia jasa layanan Umroh yang telah dibayar lunas oleh Bank Syariah AlSalaam
  4. Nasabah membayar secara mengangsur atau mencicil setiap bulan atas Hutang Pokok dan Fee Ujroh yang tercatat dalam Akad Ijarah Multijasa kepada Bank Syariah AlSalaam hingga lunas

# Apa saja persyaratan untuk mengajukan Pembiayaan Syariah Umroh AlSalaam?

  • Kelengkapan persyaratan untuk mengajukan Pembiayaan Syariah Umroh AlSalaam adalah sebagai berikut:
    • FC KTP Pemohon dan Pasangan
    • FC KTP Calon Jamaah Umroh
    • FC Kartu Keluarga dan Buku Nikah Pemohon dan atau Jamaah
    • SK Pengangkatan sebagai Karyawan tetap
    • Slip Gaji dan Buku Tabungan/ Rekening Koran yg biasa gaji ditransfer masing-masing 3 bulan terakhir
    • SPPT PBB Rumah tahun 2016/2017/2018 (Salah Satu)

 

Untuk Informasi lebih lanjut atau ada yang ingin ditanyakan mengenai :

  • Simulasi Angsuran Pembiayaan
  • Kemitraan atau Kerjasama Travel Umroh
  • Cara Pengajuan
  • dsb, dapat menghubungi sy dengan Ismail di Telp/WhatsApp 0859 212 95 717

 

Silahkan di Share Agar Yang Membutuhkan dapat Terbantu :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *