Cara Migrasi ke BSI dari Nasabah BNI Syariah dengan Cepat

Cara migrasi ke BSI dari Nasabah BNI Syariah dengan cepat adalah berdasarkan pengalaman pribadi admin yang dilakukan pada hari Jumat, 6 Agustus 2021 karena mendapatkan informasi bahwa di hari Senin, 9 Agustus 2021 aplikasi mbanking dan kartu atm (anjungan tunai mandiri) BNI Syariah sudah tidak dapat digunakan.

BSI Bank Syariah Indonesia

Sebelum menelaah lebih lanjut, baiknya kita kenali dahulu sekilas BSI (Bank Syariah Indonesia). Bank Syariah Indonesia adalah lembaga perbankan syariah. Bank ini berdiri pada 01 Februari 2021 pukul 13.00 WIB. Pada 1 Februari 2021, bank ini merupakan hasil merger anak perusahaan BUMN bidang perbankan diantaranya Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (sumber : wikipedia)

Terkhusus nasabah BNI Syariah dan BRI Syariah diwajibkan untuk segera migrasi ke BSI. Namun, untuk nasabah Syariah Mandiri tidak wajib melakukannya. Jika melihat ke form migrasi ke BSI, form yg digunakan masih berlogo Bank Syariah Mandiri dan melihat sekilas buku tabungan BSI, untuk templete mirip dengan Bank Syariah Mandiri. Proses migrasi ke BSI akan dilakukan secara bertahap hingga 1 Oktober 2021 mendatang. Harapannya untuk seluruh jaringan Bank Syariah Indonesia diharapkan sudah bisa terintegrasi pada 1 November 2021.

Cara Migrasi ke BSI dari Berbagai Literasi

Cara migrasi ke BSI dari BNI Syariah yang sedang diulas ini, adalah pengalaman pribadi admin yang bisa saja berbeda diantara lainnya namun insyaallah dapat memberikan masukan bagi sobat yang akan melakukan migrasi rekening BNI/ BRI Syariah ke BSI.

Sebelum melakukan kunjungan ke Kantor Cabang BSI, admin terlebih dahulu melakukan pencarian informasi bagaimana langkah yang perlu dilakukan agar proses migrasi dapat berjalan lancar karena tidak sedikit yang mengeluhkan bagaimana gagal atau ribetnya proses migrasi ke BSI.

Dari berbagai informasi yang beredar, ahirnya admin mengurai dan menyusun pengalaman-pengalaman yang didapat agar mudah dalam mengaplikasikannya. Ahirnya Alhamdullilah dapat sesuai dengan keinginan dan harapan bahwa proses migrasi ke BSI menjadi berhasil.

Adapun Beberapa Cara Untuk Melakukan Migrasi ke BSI :

  1. Live Chat Aisyah
  2. ATM
  3. Call Center BSI
  4. Kantor Cabang BSI

Karena kebutuhan mendesak akan transaksi lanjutan setelah mbanking dan kartu ATM BNI Syariah akan segera tidak dapat digunakan lagi maka admin melakukan cara migrasi ke BSI dengan cara mengunjungi langsung on the spot ke kantor cabang BSI.

Langkah Awal Yang Admin Lakukan untuk Migrasi ke BSI

  1. Download aplikasi mobile banking BSI dari Play Store bagi pengguna android
  2. Menyiapkan fisik ASLI KTP, Buku Tabungan dan kartu ATM BNI Syariah

Berbekal kedua hal tersebut, lanjut admin menuju Kantor Cabang BSI ex BSM (Bank Syariah Mandiri) pada hari Jumat jam 10.00 WIB. Sesampai disana kondisi antrian CS (Customer Service) cukup panjang dengan kehadiran 2 staff CS. Saat itu admin mendapatkan antrian ke-16 sedangkan antrian yg berjalan di antrian ke-7 dan juga diberikan lembar permohonan migrasi ke BSI yang perlu diisi oleh petugas keamanan.

Aktivasi BSI Mobile

Sambil menunggu antrian di panggil setelah pengisian form migrasi ke BSI, admin lakukan proses migrasi ke BSI secara online melalui chat Sapa Aisyah ke Whatsapp (WA) Busines BSI, saat itu ke nomor 0815-8411-4040, berikut urutannya :

  1. Untuk langsung menuju ke nomor WA BSI tanpa perlu menyimpan nomornya, admin cukup menambahkan kode didepan nomor Hp tersebut menjadi wa.me/6281584114040
  2. Setelah tersambung, admin masukan pertanyaan “Sambungkan ke CS” atau jika lupa, ketika apa saja nanti akan dijawab otomatis dengan kalimat “Mohon kesediaan kakak untuk disambungkan ke rekan Aisyah. Ketik : Sambungkan ke CS”
  3. Lanjut akan diarahkan mengetikan kembali pilihan untuk Nasabah Migrasi (Informasi aktivasi BSI Mobile nasabah migrasi ex-BNIS dan ex-BRIS) atau Nasabah Non Migrasi (Informasi aktivasi BSI Mobile nasabah non migrasi atau nasabah baru Bank Syariah Indonesia)
  4. Karena admin adalah nasabah ex-BNIS maka mengetikan Nasabah Migrasi lalu mendapatkan jawaban untuk ketik kembali “Aktivasi BSI Mobile”. Pastikan kita memiliki pulsa agar dapat mengirimkan sms aktivasi, saat itu admin memiliki pulsa kisaran Rp 10 rb-an
  5. Lalu mendapatkan jawaban apakah mau melanjutkan aktivasi BSI Mobile (ketik : YA / BATAL)
  6. Setelah admin ketik : YA, lanjut wa balasan berisikan link kode-kode yg perlu diklik dan lanjut verifikasi
  7. Ikuti petunjuknya untuk input pin dan password lalu selesai

Buku Tabungan dan Kartu ATM BSI

Tidak berselang lama, admin dipanggil untuk menuju meja CS, karena waktunya sudah mepet ke Sholat Jumat maka admin langsung sampaikan bahwa bertujuan untuk Migrasi ke BSI ex-BNIS (BNI Syariah) dan sudah berhasil melakukan aktivasi BSI Mobile. Ahirnya dilakukan pengecekan dan data sesuai, berselang kemudian CS memberikan buku tabungan dan kartu ATM BSI dengan perubahan nomor rekening hanya penambahan angka 0 (nol) dibelakang nomor rekening ex-BNI Syariah. Alhamdulillah gpl alias gak pake lama dan langsung bisa digunakan, info dari CS.

Akad Tabungan BSI

Untuk akad tabungan di BSI terdapat 2 akad yaitu wadiah dan mudharabah, karena admin sebelumnya menggunakan akad wadiah di BNI Syariah maka ketika migrasi ke BSI, buku tabungan yang didapat juga menggunakan tabungan dengan akad wadiah

Aktivasi Kartu ATM BSI

Terjadi perubahan untuk fasilitas di kartu ATM yaitu semula ketika di BNI Syariah, kartu ATM admin miliki berlogo MasterCard namun di BSI belum tersedia dan kartu ATM BSI yg ready berlogo GPN maka terjadi pergantian fasilitas dan disampaikan oleh CS terdapat biaya bulanan tambahan sebesar Rp 1.000,- setiap bulan dengan manfaat penarikan di ATM perhari bisa mencapai Rp 10.000.000,-

Proses selanjutnya adalah aktivasi Pin ATM di Teller dan disampaikan sudah dapat dicoba di mesin ATM 10-15 menit lagi. Karena mepet sholat jumat dan sambil menunggu saldo termigrasi dari BNI Syariah ke BSI, admin memutuskan pengecekan di hari Senin, 9 Agustus 2021 dan alhamdulilah saldo sudah termigrasi dari BNI Syariah ke BSI, hanya saldo yg terlihat pada aplikasi BSI Mobile berkurang Rp 50.000,- dari saldo yg ada di mutasi

Demikian yang dapat admin sampaikan, insyaallah dapat memberi manfaat bagi sobat yang sedang mencari literasi bagaimana Cara Migrasi ke BSI dari nasabah BNI Syariah atau BRI Syariah. Yuk hijrah ke Bank Syariah agar Riba menjadi Raib karena sesungguhnya yang menyuburkan Bank Riba adalah saldo yang ada di bank tersebut, jika umat muslim dapat memindahkan semua saldonya ke Bank Syariah, insyaallah Bank Syariah akan mengalahkan Bank Riba. Aamiin

Dampak Migrasi BNI Syariah ke BSI Bagi BPRS AlSalaam

BPRS AlSalaam juga melakukan hal yg sama yaitu melakukan migrasi kode rekening Virtual (VA) atas nama nasabah BPRS AlSalaam yang semula terbiasa menggunakan rekening VA BNI Syariah untuk bayar angsuran pembiayaan motor/ mobil/ multiguna atau setoran tabungan dan deposito ke VA BSI atas nasabah.

JIka nasabah BPRS AlSalaam mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran angsuran pembiayaan dan tabungan atau deposito atas nama nasabah ke VA BSI, sobat dapat menghubungi kami di link disamping ini >> Marketing dan CS Konfirmasi Migrasi ke VA BSI