Kebijakan BPRS AlSalaam Akibat Terkena Dampak Covid 19

Tulisan bagaimana kebijakan BPRS AlSalaam akibat dampak virus corona Covid-19 akan admin ulas didasari oleh telekonfrensi Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 24 Maret 2020 lalu tanggapan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BPRS AlSalaam sebagai pelaksana yang akan diberlakukan kepada nasabahnya.

Pernyataan Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan pernyataan beberapa hari lalu bahwa selama darurat virus corona (Covid-19) bisa meminta relaksasi kredit bagi supir taksi hingga ojek. Jokowi pun menyampaikan hal tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lanjutnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga telah dibicarakan ke OJK. Dimana OJK akan memberikan kelonggaran relaksasi kredit untuk nilai kredit dibawah Rp 10 Milyar.

Tanggapan OJK Atas Relaksasi Kredit

Alhamdulillah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan secara resmi atas kondisi tersebut. Melalui keterangan resminya OJK menjelaskan bahwa untuk kelonggaran cicilan mengacu pada jangka waktu restrukturisasi yang diatur dalam Peraturan OJK tentang Stimulus. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan pemberian stimulus ini tertuang dalam Peraturan OJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronovirus Disease yang diterbitkan Kamis, 19 Maret 2020 lalu.

Kebijakan Stimulus Perekonomian Nasional

  1. Penilaian kualitas kredit/ pembiayaan/ penyediaan dana lain hanya berdasarkan ketepatan pembayaran pokok dan atau bunga untuk kredit sampai dengan Rp 10 Milyar
  2. Restrukturisasi dengan peningkatan kualitas kredit/ pembiayaan menjadi lancar setelah di restrukturisasi.

Dengan terbitnya POJK ini maka Perbankan diharapkan dapat proaktif dalam mengindentifikasi debitur-debitur yag terkena dampak penyebaran Covid-19.

Kebijakan BPRS AlSalaam

Alhamdulillah profil nasabah BPRS AlSalaam mayoritas adalah nasabah dengan berpenghasilan tetap setiap bulannya dan sudah dilalui tahap persetujuan pembiayaan yang in syaa allah tidak akan menggangu cash flow pendapatan dan kebutuhan rumah tangganya.

Sangat benar standar penyaluran pembiayaan di BPRS AlSalaam sangat selektif demi optimalisasi fungsi intermediasi perbankan, menjaga stabilitas keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yaitu maksimum sepertiga total angsuran yang dapat dijadikan acuan pemberian pembiayaan.

Jika memang sudah sangat terganggu ekonominya akibat dampak Covid-19, BPRS AlSalaam melayani opsi restrukturisasi dengan memperpanjang tenor pembiayaan agar angsuran menurun. Nasabah melampirkan bukti bahwa ekonominya terganggu dan akan dilakukan survey juga oleh staf untuk menghindari moral hazard.

Pertanyaan yang dapat merujuk peristiwa diatas sudah banyak yang bertanya dan alhamdulillah nasabah memahami bahwa relaksasi dapat berdampak kepada kualitas performa nasabah yang sering disebut sebagai BI Cheaking atau SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Kami selalu berdoa agar semua nasabah BPRS AlSalaam senantiasa diberikan nikmat kesehatan dan kelampangan rezeki sehingga dapat memenuhi kewajiban membayar angsuran setiap bulannya.

Bersama kita lawan corona, dan in syaa allah dalam 30 hari kedepan umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan, mari kita berdoa bersama agar Selamat Tinggal Corona dan Selamat Datang Ramadhan, dengan kekuatan doa maka in syaa allah kita umat muslim di Indonesia dapat segera dengan lancar beribadah memperbanyak amal dan memakmuran masjid dibulan Ramadhan dan bersilaturahmi di bulan Syawal keseluruh keluarga dan kerabat. Aamiin Ya Rabbal Alamin

Musibah datangnya dari Allah SWT sebagai teguran dan penggugur dosa untuk kita umat manusia agar dapat terus meningkatkan ketaqwaan kepada-Nya, bersama in syaa allah menjadi mudah melawan corono sesuai dengan QS Ar Rad Ayat 11 : Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.