Pajak PPnBM 0% Mobil Baru Kredit Syariah BPRS AlSalaam

Salam sobat BPRS AlSalaam yang berencana untuk memiliki mobil baru impian. Sudah denger dong bahwa tersiar kabar bahwa mulai bulan Maret 2021 pajak mobil 0%. Yuk simak tulisan ini untuk mengetahui seperti apa pajak yg digadang-gadang didiskon hingga 0% alias Gratis agar sobat tidak salah persepsi.

Admin mulai bahas dari pengertiannya PPnBM agar memperkaya pengetahuan kita.

A. Pengertian PPnBM Mobil Baru

PPnBM adalah pajak yang dikenakan di luar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan dikhususkan untuk barang-barang mewah. PPnBM ini merupakan jenis pajak yang terkandung dalam UU Pajak Pertambahan Nilai.

PPnBM ini dikenakan pemerintah kepada masyarakat sebagai cara untuk menjalankan fungsi keseimbangan beban pajak antara konsumen berpendapatan rendah dan konsumen berpendapatan tinggi. Selain itu, PPnBM ini sekaligus berfungsi sebagai pengendalian konsumsi atas barang kena pajak yang termasuk dalam kategori barang mewah.

B. Kenali Pajak Mobil Baru

Ketika sobat BPRS AlSalaam membeli mobil baru maka pemerintah Indonesia menerapkan 4 jenis pajak, yaitu :

  1. PPn : tarif 10%
  2. PPnBM : tarif 3% (mobil LCGC) dan 10%-125% (mobil non LCGC)
  3. BBN KB : tarif 12,5% (tergantung kebijakan daerah setempat)
  4. PKB : tarif 2% (mobil pertama) dan akan naik jika memiliki kendaraan selanjutnya (progresif)

Dasar perhitungan tarif diambil dari dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Pajak mobil yang dihapuskan adalah pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM) jadi pajak lainnya tetap dibayarkan atau tetap ikut ke harga otr mobil.

Baca Juga : PROMO Kredit Syariah Motor Baru

C. Masa Berlaku Relaksasi PPnBM Mobil Baru

Pemerintah menerbitkan peraturan untuk relaksasi pajak untuk sektor otomotif penjualan barang mewah atau dikenal PPnBM. Peraturan ini akan berlaku selama tahun 2021 diberikan dalam tiga tahapan berbeda, masing-masing berdurasi selama tiga bulan.

  1. Maret – Mei : Insentif PPnBM 100% dari tarif atau Gratis
  2. Juni – Agustus : Insentif PPnBM 50%
  3. September – November : Insentif PPnBM 25%

Jadi hingga bulan Mei 2021 adalah saat yang tepat untuk membeli mobil baru karena harga otr mobil akan turun belum lagi jika ada diskon yang akan membuat harga otr mobil akan lebih rendah lagi.

Hal ini akan berdampak ke harga mobil bekas diusia mobil 3-5 tahun terakhir, pasti akan terkoreksi turun

D. Tujuan PPnBM Mobil Baru

Menurut penjelasan Pasal 5 ayat (1) UU PPN No. 42 TAHUN 2009, PPnBM ini memiliki beberapa tujuan yakni:

  1. Perlu keseimbangan pembebanan pajak antara konsumen yang berpenghasilan rendah dan konsumen yang berpenghasilan tinggi
  2. Perlu adanya pengendalian pola konsumsi atas BKP yang tergolong mewah
  3. Perlu adanya perlindungan terhadap produsen kecil atau tradisional
  4. Perlu untuk mengamankan penerimaan negara

E. Mobil Baru Yang Mendapatkan Relaksasi PPnBM

Relaksasi pajak tersebut tidak berlaku untuk semua jenis kendaraan roda empat baru, melainkan ada kriteria khusus yang mendapatkan insentif pajak ini, yaitu :

  1. Mobil dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc
  2. Berpenggerak dua roda alias 4×2
  3. Termasuk sedan, yang kandungan lokalnya mencapai 70 persen

F. Besaran Tarif PPnBM

Besaran tarif PPnBm diatur di dalam PMK Nomor 33/PMK.010/2017 tentang Jenis Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah dan Tata Cara Pemberian Pembebasan dari Pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah

Tingkatan besaran PPnBM kendaraan bermotor yang berbeda sesuai kriteria kendaraannya, mulai 10 persen hingga 125 persen

1. Tarif PPnBM sebesar 10 persen, Kendaraan bermotor untuk pengangkutan 10 sampai 15 orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api atau nyala api kompresi (diesel/semi diesel), baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan semua kapasitas isi silinder, sistem satu gardan penggerak (4×2), dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc.

2. Tarif PPnBM sebesar 20 persen, Kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan sistem satu gardan penggerak (4×2), dengan motor bakar cetus api, baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan kapasitas isi silinder lebih dari 1500 cc sampai dengan 2500 cc. JIka sistem dua gardan penggerak (4×4), untuk semua kapasitas isi silinder, dengan massa total tidak lebih dari lima ton

3. Tarif PPnBM sebesar 30 persen, Kendaraan bermotor untuk pengangkutan orang kurang dari 10 orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api, baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc: – sedan atau station wagon – selain sedan atau station wagon, dengan sistem dua gardan penggerak (4×4)

4. Tarif PPnBM sebesar 40 persen, .Kendraan bermotor untuk pengangkutan orang kurang dari 10 orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api, baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan sistem satu gardan penggerak (4×2), dengan kapasitas isi silinder lebih dari 2500 cc sampai 3000 cc

5. Tarif PPnBM sebesar 50 persen Semua jenis kendaraan khusus yang dibuat untuk golf

6. Tarif PPnBM sebesar 60 persen, Kendaraan bermotor beroda dua dengan kapasitas isi silinder lebih dart 250 cc sampai dengan 500 cc: Sepeda motor (termasuk moped) dan sepeda yang dilengkapi dengan motor tambahan, dengan atau tanpa kereta pasangan sisi, termasuk kereta pasangan sisi. Kendaraan khusus yang dibuat untuk perjalanan di atas salju, pantai, gunung, dan kendaraan semacam itu.

7. Tarif PPnBM sebesar 125 persen, Kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi, dengan motor bakar cetus api, baik dilengkapi dengan motor listrik maupun tidak, dengan kapasitas isi silinder lebih dari 3000 cc: – sedan atau station wagon – selain sedan atau station wagon, dengan sistem satu gardan penggerak (4×2) – selain sedan atau station wagon, dengan sistem dua gardan penggerak (4×4)

Kendaraan bermotor beroda dua dengan kapasitas isi silinder lebih dari 500 cc: Sepeda motor (termasuk moped) dan sepeda yang dilengkapi dengan motor tambahan, dengan atau tanpa kereta pasangan sisi, termasuk kereta pasangan sisi

Trailer atau semi-trailer tipe caravan, untuk perumahan atau kemah

G. Kredit Mobil Syariah BPRS AlSalaam dengan PPnBM Terbaru

Bagaimana proses pengajuan mobil baru di BPRS Al Salaam? Untuk proses masih sama tidak ada perubahan baik saat ini postingan dibuat Maret 2021 atau sebelumnya. BPRS Al Salaam mengunci pada harga OTR Mobil yang sudah nett artinya OTR Mobil sudah dikurangi relaksasi PPnBM dan diskon jika ada.

Jika sobat membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi team marketing BPRS Al Salaam kami (<<<<< klik link)