Ramadhan sudah berlalu, yuk semangat kembali untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Jika tabungan sudah habis untuk berbagi kepada sanak famili lalu ada kebutuhan untuk meningkatkan usaha, tidak perlu khawatir. BPRS AlSalaam siap hadir untuk membantu untuk pembiayaan syariah multiguna.

Pembiayaan Syariah Multiguna Untuk Kebutuhan Apa Saja

Pembiayaan syariah multiguna bisa untuk berbagai macam kebutuhan dengan dibatasi kesesuaian dengan norma syariah. Penggunaan akad dari produk ini menggunakan Akad Murabahah atau Jual Beli sehingga objek yang menjadi transaksi wajib berupa barang.

Nasabah wajib menyampaikan kebutuhan barang apa saja yang akan dibeli untuk diajukan ke pembiayaan syariah multiguna bukan gelondongan pengajuan misalanya 50 Juta tapi masih bingung mau digunakan untuk apa. Harapannya nasabah akan menerima barang yg sudah diuat daftarnya agar tujuan penggunaan dana sesuai dengan peruntukannya. Misalnya pengajuan untuk pembelian barang sembako untuk usaha agen kebutuhan rumah tangga maka yang akan diterima oleh nasabah adalah barang-barang isi toko tersebut misalnya beras, minyak dan sebagainya.

Banyak kasus ketika nasabah pengajuan pembiayaan syariah multiguna, masih bingung untuk apa nanti dananya. STOP jika masih seperti itu kecendrungan pembayaran angsuran akan berpotensi menunggak hingga macet yang pada ahirnya barang jaminan bisa saja dijual untuk menutupi hutang. Berhutang diharapkan untuk tujuan produktif bukan konsumtif sehingga usaha bisa berjalan dengan baik.

Contoh penggunaan dana untuk diajukan ke Pembiayaan Syariah AlSalaam

  1. Renovasi Rumah
  2. Tambahan Modal Usaha
  3. Kesulitan Dana Untuk Menjalankan Proyek
  4. Pembelian Kendaraan
  5. Pendidikan dsb

Tabel Simulasi Pembiayaan AlSalaam dengan Akad Murabahah atau Jual Beli bulan Juli 2018

Pinjaman multiguna Pembiayaan bank syariah assalam jaminan sertifikat rumah agunan bpkb mobil

Jika bapak/ ibu mampir ke postingan ini ada baiknya menuju link dibawah ini untuk simulasi update pembiayaan syariah multiguna

Baca : Simulasi Update Pembiayaan Syariah Multiguna

Yuk ajak juga di lingkungan sekitar untuk yang membutuhkan pembiayaan multiguna dan arahkan ke Lembaga Keuangan Syariah agar terhindar dari transaksi Riba.

Agunan yang Berlaku di Pembiayaan Syariah Multiguna

Agunan yang dapat dijadikan sebagai agunan pada pembiayaan syariah multiguna BPRS AlSalaam adalah

  1. Sertifikat Rumah, bisa berbentuk sertifikat hak milik (SHM) atau sertifikat hak guna bangunan (SHGB). Khusus untuk SHGB, masa berlaku yang dapat diterima adalah masih berlaku untuk jangka waktu 10 tahun kedepan. Jika dibawah 10 tahun atau sudah jatuh tempo maka SHGB tersebut wajib dilakukan perpanjangan atau dinaikkan statusnya menjadi SHM. Tentu saja yang melakukan proses administrasi tersebut adalah nasabah, dapat mengurus sendiri datang ke kantor BPN sesuai dengan wilayah terbitnya SHM atau bisa melalui jasa Notaris yang sesuai dengan wilayah kerjanya, jika sudah selesai baru dapat diajukan ke BPRS AlSalaam.
    • Pemilik atas nama di sertifikat bisa atas nama nasabah atau pasangan atau orangtua atau mertua
  2. BPKB Kendaraan, untuk BPKB Kendaraan yang saat ini berlaku adalah BPKB mobil penumpang dengan berplat hitam B/ A/ F/ D dengan usia mobil 10 tahun terakhir merk jepang yang beratas nama nasabah atau pasangan atau orangtua atau mertua
    • Jika BPKB mobil belum dibalik nama (BBN), bisa tetap diajukan hanya ada tambahan biaya BBN dan menjadi tanggung jawab nasabah. Hal ini penting untuk memastikan kepemilikan dan pengikatan agunan untuk Fiducia Kendaraan

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut dan pengajuan, dapat menghubungi team marketing pembiayaan syariah multiguna BPRS AlSalaam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.